budapestbang.com merupakan situs pemberi informasi tentang travel, rumah minimalis, tips, masakan, otomotif dan masi banyak lainnya.

Thursday, June 3, 2021

4 Kondisi yang Menandakan Mobil Overhaul

Overhaul atau turun mesin adalah salah satu kondisi yang sangat dihindari oleh para pemilik mobil. Pasalnya, saat mobil mengalami overhaul, berarti kendaraan sedang mengalami kerusakan berat. Jelas kondisi ini mengkhawatirkan, apalagi jika kredit mobil Mitsubishi Anda belum lunas.

4 Kondisi yang Menandakan Mobil Overhaul

Supaya mobil Anda tak sampai harus mengalami kondisi ini, yuk kenali keempat ciri-cirinya berikut!

1. Knalpot Mengeluarkan Asap Putih 
Tanda pertama dari mobil overhaul adalah knalpot yang mengeluarkan asap putih. Hal ini menandakan adanya oli yang masuk ke ruang bakar. Kondisi ini bisa disebabkan oleh ring piston yang aus atau baret pada bagian boring piston.

2. Busi Mobil Berkerak 
Dilansir dari Oto.detik, gejala overhaul lain yang muncul adalah mesin pincang akibat busi berkerak. Hal ini ditandai dengan mesin mobil yang bersuara aneh, penurunan rpm pada putaran mesin tinggi, dan bunyi ‘berat’ saat berakselerasi. Penyebab utama dari mesin pincang adalah busi yang bekerja secara tidak optimal atau mengalami penurunan percikan api akibat kerak menumpuk.

3. Oli Mesin Berkurang Drastis
Tanda yang ketiga adalah menurunnya oli mesin secara drastis. Kondisi ini bisa dilihat dari volume oli yang berada di mesin. Untuk mengecek level oli apakah sudah melewati ambang batas minimal, Anda bisa menggunakan dipstick. Kondisi ini biasanya dipicu oleh masuknya oli ke ruang bakar. Jika tidak ingin terjadi hal semacam ini, Anda perlu melakukan pengecekan oli mesin secara berkala.

4. Mesin Overheat
Gejala lain yang muncul ketika mobil overhaul adalah mesin mobil yang sering panas. Meningkatnya suhu mesin dapat disebabkan kerusakan pada sistem pendinginan atau terjadinya kebocoran kompresi. Kerusakan ini terjadi akibat paking kepala silinder yang sudah getas. Akibatnya, air radiator terus berkurang dan masuk ke ruang bakar sehingga mesin pun menjadi lebih panas.

Nah, itulah dia empat gejala yang menandakan mobil overhaul. Mobil yang overhaul biasanya mengalami kerusakan parah pada beberapa bagian mesin. Supaya mobil tidak cepat overhaul, Anda bisa mengantisipasinya dengan melakukan servis secara rutin.

Dengan melakukan servis berkala, Anda bisa mengetahui kerusakan yang terjadi pada mobil. Selain itu, komponen yang mulai aus bisa diganti dan diperbaiki saat melakukan servis, sehingga biaya yang dikeluarkan pun jauh lebih murah. Semoga informasi di atas berguna untuk Anda, ya.  

No comments:

Post a Comment